<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Tahun Depan Situasi Memburuk

Tahun Depan Situasi Memburuk

Apa Kata Analys Dengan Prospek ekonomi Tahun Depan?..


Jakarta, Strategydesk - Dr. Doom beraksi lagi, dengan prediksi suram khasnya mengenai ekonomi dunia, yang mencakup AS, Eropa dan China.

Dalam artikel yang dipublikasikan kemarin, Nouriel Roubini, ekonom yang secara tepat memprediksikan krisis finansial 2008, mengatakan solusi untuk krisis utang Eropa bisa menghasilkan skenario perpecahan, ekonomi China akan mengalami hard landing, dan AS akan terjerumus kembali ke resesi pada 2012 atau selambatnya 2013.



Roubini mengatakan dalam artikel di situs Financial Times bahwa masalah global akan memburuk, menjadi badai sempurna yang turut menyeret ekonomi AS. “Selambatnya 2013, atau mungkin di 2012, badai sempurna yang terdiri dari resesi AS, perpecahan zona euro dan  hard landing China bisa terwujud,” katanya.

Roubini menulis pertimbangan politik di zona euro akhirnya akan membuat para pemimpin tidak mampu mengambil keputusan sulit. “Nantinya akan semakin jelas pada 2012 permainan tarik ulur itu akan merugikan. zona euro selama ini dalam penyangkalan bahwa beberapa anggotanya memang bangkrut, yang membuatnya tidak akan mampu hidup dan tumbuh di kesatuan moneter itu,” katanya.

Mengenai AS, Roubini menyebutkan langkah yang diperlukan untuk merangsang pertumbuhan seperti investasi di bidang infrastruktur dan pendidikan, serta perubahan kebijakan energi nasional, justru ditunda. Tidak hanya itu, konsolidasi fiskal, yang dibutuhkan untuk mengurangi defisit, juga ditunda. Ini menurutnya berpotensi menciptakan masalah di masa mendatang.

Soal China, Ia juga mengatakan ekonomi terbesar kedua dunia itu masih menikmati pertumbuhan pesat. Tapi terlalu mengandalkan mata uang lemah untuk merangsang pertumbuhan ekspor dan investasi, ini berpotensi bahaya bila tingkat simpanan terlalu tinggi dan konsumsi terlalu rendah.

Ia memperingatkan semua negara nantinya akan ingin melemahkan mata uangnya untuk mendorong ekspor, yang dapat memicu perang mata uang dan akhirnya memperburuk situasi.
Oleh: Nizar Hilmy - strategydesk.co.id
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger