<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Trading Memanfaatkan News

Trading Memanfaatkan News

by Albertus CK

Pelajaran sepanjang tahun 2008 yang diwarnai dengan news maupun faktor-faktor fundamental akan memberikan keuntungan yang besar di masa mendatang, di edisi khusus Tahunan Buletin Futures Monthly kali ini kita akan coba memberikan ulasan kepada para pembaca hal-hal yang berhubungan dengan berita, dan mengapa hal tersebut dapat mempengaruhi pasar. Beberapa artikel berita dalam Buletin FM sebelum-sebelumnya dapat digunakan oleh pembaca untuk menarik benang merah atas analisis fundamental, yang dikumpulkan dari fakta-fakta serta bentuk opini-opini yang diperlukan jika pembaca hendak melakukan transaksi didasari dengan News.


Langkah pertama dalam melakukan trading memanfaatkan News adalah dengan membiasakan diri anda dengan melihat berbagai berita keuangan terkini untuk mengetahui apa yang sedang terjadi di market. Langkah berikutnya adalah mengkaji dan memilih berita apa yang dampaknya signifikan ke market, setelah itu kita tentukan sebesar apakah dampaknya. Ada baiknya jika anda memiliki daftar economic indicator minimal negara-negara G7, biasanya di monexweekly kami sediakan proyeksi data maupun bias sentimen per indikator ekonomi-nya setiap minggu, berikut dengan kategori data berdasarkan dampaknya dari yang terbesar hingga yang terkecil. Trader professional biasa membagi news atau berita menjadi dua kategori, yaitu fakta dan opini. Setiap kategori memiliki dampak ke pasar di waktu-waktu tertentu. Contohnya investasi yang dilakukan oleh Bank of America / Countrywide adalah fakta, sementara interview dengan direktur Countrywide, Dick Mozillo atau interview dengan Presiden AS yang baru terpilih Barrack Obama adalah opini. Mari kita analisa bentuk berita/news ini lebih jauh untuk mendapatkan gambaran mengapa hal tersebut sangat penting bagi para pelaku pasar.

Langkah kedua adalah mengenali berita yang berhubungan dengan isu-isu yang sedang memanas. Misalnya berita mengenai kondisi sektor perumahan dan otomotif AS akhir-akhir ini yang jadi fokus pasar. Langkah berikutnya adalah memutuskan apakah berita tersebut benar-benar baru. The Fed yang berusaha menyelamatkan General Motor (GM), Ford atau investasi yang dilakukan Bank of America (BofA) pada CountryWide di saat kondisi market yang penuh dengan pesimisme adalah sangat signifikan. Mengapa ? Karena semua orang telah mengetahui bahwa isu ekonomi AS yang sedang terpuruk. Namun berita The Fed dan BofA itu merupakan berita pertama yang positif dan bisa membangkitkan optimisme sektor otomotif dan perumahan. Menjadi berita tersebut berita baru. Selain itu BofA adalah salah satu bank terbesar di dunia. Countrywide dan GM merupakan perusahaan terbesar dari segi jumlah karyawan dan kedua perusahaan itu lokomotif utama di sektor industri keuangan, otomotif dan perumahan. Dan kedua jenis berita itulah yang menghasilkan berita baru yang membalikkan semua hal yang menjadi fokus pasar sebelumnya. Pemikiran para pelaku pasar menjadi bagus, ketika sektor otomotif mereka pikir buruk sehingga merubah psikologis sentimen dan meningkatnya keyakinan di sektor otomotif maupun perumahan.

Hal berikutnya yang berbentuk opini adalah interview dengan Barrack Obama, presiden AS yang baru. Seluruh dunia telah bereaksi pada cerita BofA dan Countrywide. Kemudian dalam interview langsung dengan Presiden yang akan dilantik pada pertengahan Januari mengatakan beliau akan menyusun jurus anyar serta stimulus sebagai tindakan pencegahan resesi pada tahun 2009 meskipun belum resmi menjadi Presiden. Performa S&P pun masih naik beberapa persen dari low 21 November. Maka berakhirlah sentimen dan psikologis negatif sebelumnya pada sektor otomotif serta perumahan.

Pembaca harus menyadari bahwa suatu bentuk transaksi hanya mencakup probabilitas / peluang. Divisi Riset monex biasanya mencoba untuk mencari hal yang penting pada kejadian tertentu berdasarkan ekspektasi peluang tertentu dan membuat kesimpulannya. Obama membuat pernyataan. Apakah hal tersebut terdengar bagus untuk anda apakah hal itu membuat anda merasa tidak yakin dengan posisi anda di market. Tentunya ada pengaruhnya pada diri anda ketika mendengarnya khan? Karena besar kemungkinannya reaksi anda juga, akan sama dengan reaksi orang lain sebagai pelaku pasar. Secara ringkasnya mungkin apa yang anda rasakan tidak akan jauh berbeda dengan pelaku pasar lainnya - jika pembaca tidak merasa surprised, maka kami juga meragukan akan banyak orang turut merasa surprised. Perumpamaannya adalah perilaku burung bebek, saya rasa semua orang tahu bahwa buruk bebek selalu terbang ke arah selatan ketika musim dingin dimulai. Namun jika tiba-tiba anda melihat burung bebek itu terbangnya malah ke utara ketika musim dingin dingin, maka disitulah anda mendapatkan berita baru. Sumber berita yang biasa kami kumpulan dari berbagai sumber seperti Reuters, Bloomberg dan vendor data lainnya, di berbagai sumber bisa jadi banyak sekali berita yang negatif mengenai sektor perumahan, otomotif maupun keuangan, namun itu memang tugas kantor berita untuk menyediakan informasi berita sebanyak mungkin. Tapi kita adalah pelaku pasar, trader/investor, maka merupakan tugas kita untuk memutuskan mana berita yang merupakan penggerak market. Jika kita tidak bisa memutuskan, maka bersikaplah sabar dan bijaksana serta tahu kapan harus bertransaksi di momen yang tepat.
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger