<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Deal Yunani Belum Yakinkan UE

Deal Yunani Belum Yakinkan UE

Jakarta Strategydesk - Para politisi Yunani mengumumkan telah mencapai kesepakatan mengenai langkah-langkah penghematan yang diperlukan untuk mendapatkan bailout kedua. Tapi ternyata belum menyakinkan Uni Eropa, yang menuntut komitmen lebih besar sebelum mengucurkan bantuan.

Para politisi mencapai mufakat mengenai poin-poin penghematan anggaran dan pemotongan upah, yang dibutuhkan untuk mendapatkan bailout sebesar 130 miliar euro dan menghindari default berantakan. Tapi rupanya Uni Eropa belum puas dengan hasil itu.
Uni Eropa dan IMF sepertinya geram dengan Yunani yang dianggapnya terus melanggar janji dan bertele-tele di saat waktu semakin menipis untuk menghindari kebangkrutan. Para menteri keuangan zona euro, yang kemarin bertemu di Brussels, mengatakan belum berencana mengucurkan bantuan ke Yunani.
Jean-Claude Juncker, Ketua Eurogoup, menetapkan tiga syarat baru, yaitu parlemen Yunani harus meratifikasi paket penghematan dalam sidangnya Minggu (12/2) dan pemotongan anggaran 325 miliar euro harus diidentifikasi Rabu depan, setelah Eurogroup bertemu lagi.
“Ketiga, kami perlu jaminan politik yang kuat dari para pemimpin koalisi untuk mengimplementasi program,” katanya dalam jumpa pers pasca pertemuan di Brussels itu. “Semua elemen itu harus dipenuhi sebelum kami mengambil keputusan,” tambahnya, yang intinya, tidak ada kucuran dana  sebelum deal dilaksanakan.
Menjelang pemilu April, para politisi Yunani dituntut untuk menerima persyaratan ketat dari kreditor. Di sisi lain, penghematan anggaran, pemotongan upah, bahkan pemecatan membuat publik semakin berang. Berbagai program itu dianggap para ahli justru bisa semakin menhancurkan ekonomi Yunani, yang memasuki tahun kelima resesi dan diperkirakan akan kontraksi 4-5% di 2012.
Menteri Keuangan Yunani Evangelos Venizelos, yang langsung pergi dari Brussels, mengatakan negaranya menghadapi pilihan tetap atau keluar dari euro. ”Sampai pertemuan Eurogroup selanjutnya minggu depan, negara dan bangsa kami harus berpikir dan membuat keputusan penting,” katanya. Bila ingin tetap gabung di zona euro, maka kami harus melakukan yang diperlukan agar program disetujui dan restrukturisasi terwujud sebelum Maret,” ujarnya. 
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger