<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Dorongan dari Yunani ke Euro Takkan Lama

Dorongan dari Yunani ke Euro Takkan Lama

Arah EUR/USD minggu ini akan tergantung pada apakah, setelah berminggu-minggu negosiasi, Yunani akan mendapat bantuan finansial untuk menghindari default.
Para menteri keuangan zona euro akan mengadakan pertemuan hari ini, membahas bailout kedua Yunani.
Pertemuan di Brussels itu akan menjadi penentu upaya Yunani meraih bailout sebesar 130 miliar euro. Meski para politisi Yunani menyetujui program penghematan, mereka masih terpecah soal wacana pengawasan ketat atas upaya reformasi Yunani yang digodok Uni Eropa.
Minggu lalu, euro tumbang ke bawah $1,30 karena muncul kabar troika (Uni Eropa, IMF dan ECB) mempertimbangkan menunda pemberian bailout ke Yunani sampai pemilu dilaksanakan secepatnya April. Namun berkat indikasi Yunani akan mendapat bantuan, euro rebound ke $1,3144 akhir pekan lalu. Pasar juga berharap Yunani dapat mencapai kesepakatan dengan kreditor swasta soal pemotongan utang.
Tapi, kalaupun Yunani benar-benar mendapat bailout dan potongan utang, efek positifnya kemungkinan tidak akan bertahan lama.  Para pejabat memperingatkan kesepakatan bailout dan restrukturisasi pun tidak akan mengurangi jumlah utang Yunani seperti yang diharapkan. Target yang disepakati adalah mengurangi utang Yunani hingga menjadi 120% PDB pada 2020.
Alhasil, andaikata euro bisa rally bila Uni Eropa mengabulkan pinjaman ke Yunani, sulit bagi euro bisa bertahan lama di atas $1,33. Para analis mempertanyatakan apakah euro layak diperdagangkan di atas $1,30, mengingat ekonomi Eropa yang terancam resesi. Minggu lalu, data menunjukkan ekonomi zona euro kontraksi 0,3% di kuartal keempat 2011.
Masalahnya bukan hanya soal apakah program penghematan Yunani gagal. Kalaupun berhasil, bagaimana dengan Eropa? Dengan pertumbuhan yang lesu, ditambah dengan ECB memangkas rate dan menyuntikkan likuiditas, banyak kalangan memperkirakan euro bisa ke kisaran $1,20 pada pertengahan tahun.
Sembari menantikan hasil pertemuan Eurogroup, pasar juga menunggu dengan cemas pembicaraan antara Athena dengan kreditor swasta, yang diminta menghapus utang Yunani minimal 50%. Kesepakatan harus sudah ada sebelum utang jatuh tempot 14,5 miliar euro pada 20 Maret.
Mengenai mata uang lain, yen jatuh ke level terendah dalam enam bulan terakhir hari ini, sedangkan aussie rally setelah bank sentral China memangkas Giro Wajib Minimum (GWM). Dollar menguat ke 79,65, melebihi puncak Oktober 79,55. Aussie melesat ke $1,0780. Sabtu lalu, China memangkas GWM, yang diharapkan dapat menggenjot perkreditan.
sumber:strategydesk.co.id
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger