<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Krugman : Yunani Kehabisan Alternatif

Krugman : Yunani Kehabisan Alternatif

Jakarta Strategydesk - Ekonom pemenang nobel Paul Krugman mengatakan mengatakan Yunani hampir kehabisan pilihan selain keluar dari euro karena program penghematan yang diterapkan negara itu berpotensi semakin menghancurkan ekonominya.
“Bila saya memimpin negara lemah, saya akan mengatakan anda tidak bisa keluar dari zona euro,”
katanya di Lisbon, Portugal kemarin. “Meski akan sangat disruptif, Yunani semakin kehilangan alternatif. Saya bisa bilang Yunani kemungkinan keluar dari euro,” ujar Profesor Princeton University itu
Krugman memang pernah mengatakan bailout dan program penghematan tidak akan menyelamatkan Yunani dari kebangkrutan. Menurutnya, dengan menerapkan kebijakan penghematan belum tentu memperbaiki kondisi fiskal karena pendapatan pajak bisa berkurang.
Parlemen Jerman menyetujui bailout kedua Yunani di Berlin kemarin,  sebagian bagian upaya mengentaskan krisis utang. Namun, para otoritas keuangan G-20 yang bertemu di Meksiko akhir pekan lalu menolak wacana untuk tambahan dana melalui IMF sampai zona euro mengumpulkan sumber dayanya. Para pemimpin Eropa dijadwalkan bertemu di Brussels pada 1-2 Maret.
Krugman juga mengatakan Portugal, yang bersama Irlandia dan Yunani menerima dana bailout, tidaklah secarut-marut Yunani, dan dengan keberuntungan, tidak akan bernasib sepertinya. Meski demikian, sulit bagi Portugal untuk bisa kembali ke pasar obligasi pada 2013.
Menurut Krugman, kesepakatan bailout sangat tidak masuk akal. “Apa yang akan terjadi dalam 19 bulan? Even besar yang pasti terjadi adalah resesi Eropa dan kebangkrutan Yunani, serta kemungkinan negara itu keluar dari euro. Semua itu tidak akan mempermudah Portugal.
Ia optimis Portugal tetap berada di euro, namun semua tergantung dengan bagaimana situasi berjalan dua tiga tahun ke depan.  "Probabilitas (Portugal tetap di euro) adalah 75%, menurutku. Tapi namanya kemungkinan, tidak adayang tahu pasti,” kata Krugman dalam jumpa pers sebelum menerima gelar kehormatan dari tiga universitas di Portugal.
Ia juga mengimbau Portugal untuk menolak penghematan yang terlalu berat. “Saya paham mengapa troika menuntut penghematan, tapi penghematan berlebihan justru kontraproduktif,” tukasnya. 
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger