<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Long Euro Short Dollar

Long Euro Short Dollar

Reserve Currency (Foreign Reserve Currency) adalah mata uang utama dunia yang disimpan oleh Bank Sentral serta institusi keuangan di seluruh dunia yang bertujuan untuk menjaga kestabilan nilai tukar mata uang negara yang bersangkutan serta digunakan untuk memperdagangkan komoditi primer secara global. Reserve currencies yang terkuat saat ini adalah Dollar, Euro, Poundsterling dan Yen, mereka saling tarik-menarik dan menciptakan keseimbangan harga, kelemahan yang satu adalah keuntungan bagi lawannya.
Namun dunia harus menyambut kekuatan ekonomi terbesar dunia saat ini yakni China, yang mata uang nya sudah mulai mengikuti ritme perdagangan global, Dollar/Yuan telah menguat sebanyak 23% sejak tahun 2005 dari 8.2 menjadi 6.3 tahun 2011. Penguatan Yuan dikarenakan semakin banyak perdagangan bilateral yang langsung menggunakan Yuan, atau Asian Currencies lainnya, sehingga peranan Dollar semakin tidak penting apabila dibanding dengan 5-10 tahun yang lalu. Sejak dua tahun lalu, dollar index telah kehilangan kekuatannya dan dan kini lebih berfungsi sebagai mata uang penyangga (katalisator) dan kini kemudi foreign-exchanges telah diambil alih oleh Euro, Yuan, Aussie Dollar, CAD, dan Asian Currencies yang telah menjadi aggressor.

Komposisi Reserve Currencies Bank Sentral di dunia :
1. Komposisi Reserve Currency Dollar tahun 2000 hingga 2011 menurun dari 70.9 % menjadi 59.3%
2. Positioning Euro sebagai Reserve Currency semakin besar, dari 17.9 % di tahun 2000 menjadi 27,3 % tahun 2011. Munculnya Euro sebagai rival dollar akan semakin kuat sebab dollar terlampau banyak beredar untuk waktu yang terlalu lama, sementara Euro masih mempunyai ruang gerak ke atas sekitar 10%.

3. Tidak lama lagi Yuan akan muncul sebagai reserve currencies bagi banyak negara yang berdagang langsung dengan China, karena nilai nya yang menguat konsisten dan masih berpotensi untuk terus menguat mengikuti pertumbuhan GDP negara tersebut. Long Term Buy.

oleh Nizar Hilmy - Strategydesk.co.id
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger