<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Luxemburg : Yunani Bisa Keluar Dari Euro

Luxemburg : Yunani Bisa Keluar Dari Euro

Menteri Keuangan Luxemburg Luc Frieden mengatakan ia tidak menutup kemungkinan Yunani keluar dari zona euro. Meski tidak menginginkannya, ia melihat default mungkin bisa memberi  Yunani “awal baru.”



Frieden mengatakan bila Yunani gagal mengikuti persyaratan yang ditentukan oleh Uni Eropa dan IMF, maka itu bisa menjadi pintu keluarnya dari kesatuan mata uang. “Kuncinya terletak pada Yunani. Oleh karena itu, bila rakyat dan elit politiknya tidak mentaati ketentuan, mereka mengeluarkan diri dari zona euro,” katanya kepada Atlantic Council setelah pertemuan dengan Kementerian Keuangan AS.

Yunani berusaha membujuk Uni Eropa agar mengucurkan bailout kedua senilai 130 miliar euro. Yunani juga masih bernegosiasi dengan kreditor swasta agar mau memotong jumlah utangnya. Kedua kesepakatan itu penting agar bisa terhindar dari default Maret nanti. Banyak ekonom memperingatkan default berantakan akan memicu resesi di Eropa dan menciptakan krisis finansial global baru.

Tapi Frieden mengatakan default mungkin bisa membantu Yunani karena utangnya memang sudah menumpuk. “Hal itu mungkin bisa memberi Yunani, setidaknya, kesempatan akan permulaan baru, di mana Yunani bisa membentuk ekonomi yang dapat menciptakan lapangan kerja, katanya.

Itu bisa terjadi bila Yunani memutuskan lebih baik meninggalkan euro dari pada menjalani pemotongan anggaran yang menyakitkan. “Tapi saya tetap berharap komitmen penuh oleh Yunani dengan persyaratan yang ditetapkan troika,” tambahnya.

Menurutnya, pasar sudah mempersiapkan dan melindungi diri untuk meredam dampak finansial bila suatu saat Yunani memutuskan default dan keluar dari zona euro. Selain itu, ia membantah efek malapetaka default Yunani, dengan mengatakan kini ada dana talangan Eropa yang dapat digunakan sebagai perisai.



Oleh: Nizar Hilmy - strategydesk.co.id

Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger