<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Portugal dan Italia Mungkin Butuh Dana Bailout Lagi

Portugal dan Italia Mungkin Butuh Dana Bailout Lagi

Mantan pejabat ECB Lorenzo bini smaghi mengatakan Uni Eropa harus siap menghadapi kemungkinan Portugal dan Irlandia membutuhkan bantuan finansial lagi bila mereka ingin membatasi restrukturisasi utang Yunani.


“Perlu segera diakui bahwa Portugal tidak bisa kembali ke pasar obligasi untuk beberapa tahun ke depan dan perlu paket bantuan tambahan,” katanya dalam artikel yang dipublikasikan oleh situs Financial Times hari ini. “Bila tidak bisa membiayai dirinya sampai 2016, maka Portugal butuh bantuan setidaknya 100 miliar euro.” Hal itu juga berlaku ke Irlandia, yang mungkin butuh sekitar 80 miliar euro lagi. Pemerintah Irlandia berencana merestrukturisasi sekitar 30 miliar euro utang yang digunakan untuk menyelamatkan Anglo Irish Bank Corp.

Bini Smaghi menyebutkan bahwa dana EFSF cukup untuk menyediakan bantuan itu. Alokasi dana itu harus segara dilakukan. Bini Smaghi, yang pensiun dari ECB pada 2011, mengatakan dengan mengakui kesulitan negara itu akan membantu pengentasan krisis utang. Kegagalan melakukan itu berisiko mengulang kesalahan yang dibuat ketika Yunani bermasalah. Menurutnya, Eropa diam di saat kondisi pasar memburuk sampai menjadi jelas negara itu butuh bantuan.
Akhirnya, mantan pejabat ECB itu menyarankan jumlah dana talangan Eropa perlu ditambah dan para pemimpinnya harus mendapat cukup dukungan dari negara lain untuk menambah sumber daya IMF dalam pertemuan di Washington musim semi ini.

Hutang publik dan korporat Portugal mendekati tiga kali lipat output ekonominya. Bunga pinjaman Portugal sempat meroket awal minggu ini karena investor khawatir negara itu akan menyusul Yunani merestrukturisasi utangnya. Yield obligasinya naik dua kali lipat sampai 11,3%.  IMF mengatakan dua minggu lalu bahwa Irlandia masih sulit mendapat akses ke pasar obligasi sampai 2013. Kedua negara sudah menerima bailout.

Minggu lalu, Yunani menggelar restrukturisasi terbesar dalam sejarah, dengan kreditor bersedia menerima kerugian lebih dari 100 miliar euro, yang menjadi syarat bailout. Suksesnya program bond swap ini merupakan elemen penting agar Yunani bisa mendapat bantuan finansial dari troika (Uni Eropa, IMF dan ECB). Dengan keberhasilan mengajak banyak kreditor ikut restrukturisasi, Yunani juga bisa menghindari default ketika harus membayar utang 14,5 miliar euro yang jatuh tempo pada 20 Maret nanti.



Oleh: Nizar Hilmy - strategydesk.co.id
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger