<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Zona Euro Tunda Kucuran Dana untuk Yunani

Zona Euro Tunda Kucuran Dana untuk Yunani

Para menteri zona euro menunda persetuuan dana bantuan lebih dari separuh bailout 130 miliar euro untuk Yunani setelah menuntut Athena menunjukkan lebih banyak bukti berkomitmen melaksanakan pemotongan anggaran dan pembenahan.


Menteri keuangan dari 17 negara pengguna mata uang itu, yang bertemu di Brussel kemarin, memutuskan hanya akan mengucurkan sebagian dana bailout kedua itu, yaitu sebesar 58 miliar euro, yang ditujukan untuk mempermulus restrukturisasi utang Yunani, melalui program penukaran obligasi (bond swap).

Tapi mereka menahan sisanya, 71,5 miliar euro, yang dialokasikan untuk membantu pemerintah Yunani. Mereka menuntut penilaian detil oleh pejabat troika (Uni Eropa, IMF dan ECB) minggu depan soal implementasi 38 langkah spesifik sebelum mengucurkan dana itu. Dengan memecah bailout dalam dua bagian, zona euro mengakomodir kaum konservatif di Eropa utara untuk menunda dana bailout lebih lama. Ketika bond swap dilaksanakan, Yunani akan terhindar dari default pembayaran utang jatuh tempo 14,5 miliar euro pada 20 Maret nanti.

Beberapa pejabat optimis dana bailout itu penuh akan dikucurkan minggu depan. Uni Eropa akan mengadakan pembicaraan lagi pada 9 Maret nanti, sehari setelah bond swap dijadwalkan rampung. Sedangkan keputusan final akan diambil pada 12 Maret, dalam pertemuan Eurogroup. Ketua Eurogroup Jean-Claude Juncker mengatakan bahwa partisipasi besar dalam bond swap dan penilaian positif terhadap program penghematan Yunani adalah “persyaratan penting” bagai pengucuran bantuan finansial.

Ia menambahkan para menteri juga menahan izin dana talangan euro, European Finansial Stability Facility (EFSF), menerbitkan obligasi untuk membantu Yunani sampai persyaratan dipenuhi. Menteri Keuangan Belanda Jan Kees De Jager mengatakan semua harus menunggu bond swap, atau Keterlibatan Sektor Swasta (Private Sector Involvement/PSI) sebelum keputusan final.

Sementara itu, Yunani hari ini akan mulai menggelar penawaran restrukturisasi atau penukaran obligasi yang akan menghapus utangnya 107 miliar euro yang dimiliki kreditor swasta. Dalam skema itu, kreditor swasta secara sukarela menerima kerugian 53,5% nilai pokok dengan mendapat obligasi baru dengan tenor lebih panjang dan bunga lebih rendah.



Oleh: Nizar Hilmy - strategydesk.co.id
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger