<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Roubini : Perceraian Jalan Terbak Untuk Euro-zone

Roubini : Perceraian Jalan Terbak Untuk Euro-zone

Nouriel Roubini punya pendapat menarik soal krisis hutang di negara eropa. ' euro harus menerima takdir bila harus bercerai "..


Pada sebuah kolom di Financial Times, Nouriel Roubini dan Direktur Pelaksana Roubini Global Economics, Arnab Das menilai program bank sentral Eropa (ECB) tidak akan menyelesaikan masalah. Long Term Refinancing Operation (LTRO) hanya mengatasi krisis kredit sementara waktu tanpa menuntaskan akar masalah.

Das dan Roubini meramalkan masalah Eropa masih akan eksis, dan meluas hingga ke Portugal dan Irlandia. Menurut Roubini, negara-negara itu butuh restrukturisasi lebih dalam. Sedangkan euro zone sendiri dibangun tanpa memiliki landasan yang kuat untuk mencapai soliditas di suatu kawasan moneter. "Berpisah lebih baik ketimbang mempertahankan suatu perkawinan yang buruk," ungkap kedua ekonom.

Euro sebaiknya berani mencopot keanggotaan negara-negara bermasalah seperti Portugal, Irlandia, Yunani dan Spanyol, untuk menjaga keutuhan anggota inti lainnya. Negara-negara yang 'ditendang' nantinya bisa menyeimbangkan lagi perekonomian masing-masing dengan menggenjot kinerja ekspor. Langkah lain adalah dengan merangsang permintaan dalam negeri sehingga ekonomi bisa berjalan meski tanpa campur tangan asing. Hal ini bisa tercapai selama mereka berani memakai mata uangnya sendiri. Pada akhirnya, cara perpisahan ini akan menjadi solusi damai terbaik untuk semua pihak.

Untuk mengendalikan gejolak di negara yang baru keluar dari euro zone, euro disarankan merancang suatu kerangka transisi moneter. yang nantinya mengatur kinerja nilai tukar domestik pasca pemakaian euro. Dengan demikian, terbangun koridor perdagangan valuta yang kondusif terhadap inflasi hingga kurs bisa kembali normal seperti sebelum euro zone didirikan. Untuk mengatasi kekurangan cadangan devisa, ECB dapat membeli mata uang negara bersangkutan pada level terbawah dari kisaran pasar. Sedangkan untuk mengendalikan konflik mata uang dalam berbagai kontrak perjanjian, Roubini dan Das menyarankan agar semua kontrak yang dibuat di bawah hukum luar negeri tetap memakai satuan euro. Segala sengketa dan ketidakseimbangan sistem pembayaran bisa diselesaikan melalui negosiasi antara bank sentral nasional dan ECB.

Roubini dan kolega melihat perpisahan anggota bukanlah suatu hal yang harus dihindari. Dalam prosesnya memang akan sangat menyakitkan, namun selama otoritas Eropa terus berkontribusi, hal itu bisa jadi alternatif terbaik. (dim)
sumber: monexnewws.com
Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger