<div style='background-color: none transparent;'></div>
InstaForex
Home » » Tiga negara Menjadi Penentu Arah Ekonomi Dunia

Tiga negara Menjadi Penentu Arah Ekonomi Dunia

Tiga Negara ekonomi akan menjadi negara penentu arah ekonomi dunia dalam beberapa tahun mendatang. Industri dan pasar dunia masih didominasi oleh negara Amereka Serikat, Jepang dan China.


Menurut Organization for Economic Cooperation and Development (OECD), ekonomi Eropa sedang stagnan sementara negara berkembang justru mencatat pertumbuhan pesat. Dalam indeks indikator ekonomi global, OECD melihat perekonomian AS tumbuh secara stabil dalam lima bulan terakhir hingga Februari. Sedangkan ekonomi negara Jepang menguat untuk bulan ke-empat.

Indeks pertumbuhan dunia OECD juga memperlihatkan pertumbuhan ekonomi China selama empat bulan beruntun. OECD menyebut China sedang menikmati momentum pertumbuhan ekonominya. Pelaku ekonomi tengah mengamati kemajuan China tahun ini dan sedang menghitung apakah negara ini akan mengalami penurunan ekonomi secara tiba-tiba (hard landing) atau melemah perlaha. Apalagi China baru saja menapaki periode peningkatan kinerja yang pesat di sektor manufaktur dan konsumsi. GDP negara ini meroket 9,2% tahun lalu. Nantinya, pertumbuhan ekonomi global akan ditentukan oleh konsistensi pertumbuhan di tiga negara tersebut. Segala kebijakan dan isu percepatan/perlambatan di AS, Jepang dan China akan berimbas pada sektor produksi konsumsi di negara lainnya.

OECD menyebut China sedang 'memanfaatkan momentum' dari perlambatan ekonomi di Eropa. Negara ekonomi besar seperti Italia dan Prancis ters mengalami penurunan performa industri dalam beberapa bulan terakhir. Sementara situasi di Jerman dan Inggris lebih baik, karena kedua negara hanya mencatat penurunan kinerja produksi yang tidak terlalu besar. OECD meramalkan Jerman dan Inggris akan memperbaiki kinerja ekonominya tahun ini sehingga dominasi China akan berkurang. Untuk negara berkembang, Rusia, India dan Brazil memperlihatkan rapor pertumbuhan cukup baik.   (dim)
by: monexnews

Share this article :

0 comment:

Poskan Komentar

 
Copyright © 2011. trading online . All Rights Reserved
Company Info | Contact Us | Privacy policy | Term of use | Widget | Advertise with Us | Site map
Template Modify by Creating Website. Inpire by Darkmatter Rockettheme Proudly powered by Blogger